Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah sudah menerima laporan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait diskon tarif tol yang bakal berlaku di momen mudik Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H ini. Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Kementerian PUPR Tulus Abadi mengungkapkan bahwa rencananya diskon bakal diberlakukan di ruas Trans Jawa.

“Tapi itu hanya sampai di Trans Jawa yang diberlakukan, tapi itu belum ada pengumuman resmi dari BUJT ya, tapi Informasi yang diterima Kementerian PUPR akan ada diskon tarif dari BUJT, dengan kisaran 20% di Trans Jawa,” katanya dalam konferensi pers Kesiapan Mudik Astra Infra di Menara Astra, Kamis (28/03/2024).

Meski demikian, Ia belum bisa memastikan kapan penerapan diskon tarif berlaku, termasuk rincian jalan tol yang masuk ke dalam skema diskon tarif ini. Namun, diskon tarif ini dinamis bergantung pada trafik yang didapat oleh jalan tol tersebut.

Ilustrasi Tol Trans Jawa. (Dok. Jasa Marga)Foto: Ilustrasi Tol Trans Jawa. (Dok. Jasa Marga)
Ilustrasi Tol Trans Jawa. (Dok. Jasa Marga)

“Kemarin diskusi ke BUJT, akan diberlakukan sampai Kalikangkung, karena sampai Kalikangkung sepi. Jadi kalau sepi tidak berani berikan diskon karena trafficnya juga kecil. dan tujuan mengurai kemacetan itu sudah tidak ini lagi. H-7 saya kira akan diumumkan,” ujar Tulus.

Diskon tarif menjadi cara agar masyarakat tidak bepergian di puncak arus mudik maupun arus balik. Alhasil kepadatan bisa lebih ditekan.

“Belum ada, tapi asumsinya diskon tarif untuk mengurai kemacetan dan pemudik bisa mudik lebih awal karena lebih murah. Dari Asosiasi Pengola Jalan Tol sudah bersurat ke Kementerian PUPR bahwa akan ada diskon tarif di Trans Jawa,” sebut Tulus.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Pengumuman! Naik Tol Trans Jawa Besok Didiskon 10%, Cek Ini


(wur/wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *