Jakarta, CNBC Indonesia – Masuk musim mudik Lebaran 2024, Astra Infra Toll Road memberlakukan diskon tarif sebesar 10% untuk jalan tol ruas Tangerang-Merak. Diskon ini bisa langsung dinikmati oleh warga yang akan melakukan perjalanan mudik lebih awal mulai hari ini, 1 April 2024. 

Pemberian diskon tarif tol ini merupakan hasil kajian yang telah dikoordinasikan dengan pihak terkait termasuk Asosiasi Tol Indonesia (ATI).

Diskon tersebut berlaku selama 4 hari, sejak hari ini pada 1 April 2024, pukul 00.00 WIB sampai tanggal 2 April 2024, pukul 24.00 WIB dan tanggal 17 April 2024 pukul 00.00 WIB sampai 18 April 2024, pukul 24.00 WIB.

Diskon berlaku bagi kendaraan golongan 1 (kendaraan penumpang), dengan jarak terjauh dari Gerbang Tol Cikupa sampai Gerbang Tol Merak, begitupun sebaliknya.

“Sesuai komitmen kami sebelumnya, kami telah memastikan kesiapan kondisi infrastruktur jalan dan memastikan tidak ada perbaikan jalan selama arus mudik lebaran tahun ini. Kami berharap upaya ini dapat membantu memperlancar perjalanan dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan.” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa dalam keterangan resmi, dikutip Senin (1/4/2024).

Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak memastikan tidak ada pekerjaan konstruksi di jalur, serta telah memastikan tambahan gardu satelit Cikupa dapat digunakan oleh pengguna jalan. Selain itu, untuk menjamin kondisi jalan saat periode arus mudik, telah dilakukan operasi penutupan lubang, dan penyiagaan personel pemeliharaan dan perbaikan jalan maupun sarana prasarana jalan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, yang terdiri dari tim pengerasan jalan, tim drainase, tim kebersihan jalur dan tim landscape.

Di sisi lain, Astra Infra mengimbau pemudik untuk dapat melakukan perjalanan lebih awal, dan menghindari tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus.

Sebagai informasi, hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) serta Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) memprediksi, pergerakan masyarakat secara nasional selama musim libur Lebaran 2024 berpotensi mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang.

Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-2 atau Senin, 8 April 2024 (dimulainya cuti bersama), dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang (13,7%).

Dari hasil survey itu diketahui, pilihan penggunaan transportasi terbanyak untuk mudik adalah kereta api. Dengan jumlah ditaksir mencapai 39,32 juta orang, atau 20,3% dari potensi jumlah pemudik tahun ini. Disusul bus 19,4% (37,51 juta), mobil pribadi 18,3% (35,42 juta), dan sepeda motor sebesar 16,07% (31,12 juta).

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Asyik! Tarif 2 Tol Sumatera Ini Bakal Didiskon saat Libur Lebaran


(dce)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *