Jakarta, CNBC Indonesia – Amerika Serikat sedang dalam mode siaga tinggi dan bersiap menghadapi kemungkinan serangan Iran yang menargetkan aset Israel atau Amerika di wilayah tersebut sebagai balasan atas serangan Israel terhadap kedutaan Iran di Suriah.

“Kami benar-benar berada pada tingkat kewaspadaan yang tinggi,” kata seorang pejabat AS ketika mengkonfirmasi laporan CNN yang mengatakan serangan bisa terjadi minggu depan, dikutip Minggu (7/4/2024).

Pesawat-pesawat tempur Israel diduga mengebom kedutaan Iran di Damaskus pada Senin (1/4) dalam sebuah serangan yang menewaskan seorang komandan militer Iran dan menandai peningkatan besar dalam perang Israel dengan musuh-musuh regionalnya.

Korps Pengawal Revolusi Islam Iran mengatakan tujuh penasihat militer Iran tewas dalam serangan itu, termasuk Mohammad Reza Zahedi, seorang komandan senior Pasukan Quds yang merupakan pasukan elit spionase dan paramiliter asing.

Iran mengatakan pihaknya berhak mengambil tindakan tegas, demikian dilansir dari laporan Reuters.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden membahas ancaman dari Iran melalui panggilan telepon pada Kamis dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

“Tim kami telah melakukan kontak secara teratur dan berkelanjutan sejak saat itu. Amerika Serikat sepenuhnya mendukung pertahanan Israel terhadap ancaman dari Iran,” kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Iran Eksekusi Intel Mossad, Ini Informasi Rahasianya!


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *