Jakarta, CNBC Indonesia – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, bahwa partai PDIP akan mengusulkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani kembali mengisi kursi sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2029.

“Berdasarkan proses yang dilakukan, Mbak Puan merupakan Ketua DPR selanjutnya sesuai dengan arahan dari Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri,” kata Hasto saat ditemui di kawasan SCBD, dikutip CNNIndonesia, Minggu (7/4/2024).

Hasto menjelaskan komposisi Ketua DPR berdasarkan UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) akan diisi oleh parpol pemenang pemilu 2024. Artinya, PDIP berhak untuk mendapatkan kursi pimpinan DPR lantaran keluar sebagai pemenang Pemilu.

Ia beralasan Puan selama ini mampu menampilkan kepemimpinan yang mumpuni. Kepemimpinan itu diperlihatkan Puan baik di internal partai, saat menjabat sebagai Menko PMK. “Maupun juga lima tahun sebagai Ketua DPR RI,” kata Hasto.

Hasto mengaku bersyukur PDIP dapat menang Pemilu tiga kali berturut-turut. Ia mengatakan kemenangan ini terwujud karena harapan rakyat yang tinggi kepada PDIP.

Ia juga merinci di pemilu legislatif tingkat provinsi, kabupaten/kota, PDIP bahkan dapat menambah perolehan jumlah kursi. “Total pimpinan ketua DPRD dan wakil ketua itu secara akumulatif mengalami peningkatan,” kata Hasto.

Berdasarkan Pasal 427D ayat (1) huruf b UU MD3 saat ini menyebut Ketua DPR adalah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPR.

Namun, belakangan muncul kabar wacana bakal ada revisi UU MD3 yang bisa merebut kursi Ketua DPR itu dari pemenang pemilu. Puan juga sempat menegaskan yang berhak menduduki kursi Ketua DPR RI adalah partai politik pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

“Pemenang pemilu legislatif yang seharusnya kemudian nanti berhak untuk menjadi ketua DPR. Itu yang bisa saya sampaikan,” kata Puan di Gedung DPR RI, Kamis (28/3) lalu.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Lengkap! Ini Pidato ‘Suara Hati Nurani’ Megawati


(pgr/pgr)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *