Jakarta, CNBC Indonesia РPemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap tenang dalam menghadapi dampak dari ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Terutama pasca serangan Iran ke Israel beberapa waktu lalu.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan sejauh ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena kecilnya potensi perang meluas sehingga memberikan dampak terhadap perekonomian global.

“Jadi secara geopolitik relatif belum ada apa-apa, jadi karena belum ada apa-apa ya kita tenang-tenang saja,” ungkapnya dalam konferensi pers, Kamis (18/4/2024)

Airlangga menjelaskan, pasca serangan Iran ke Israel, beberapa pimpinan negara besar sudah memberikan pernyataan. Bahwa seperti Amerika Serikat (AS) beserta sekutunya tidak akan terlibat memburuk situasi. Begitu pun dengan negara pendukung Iran.

“Kita lihat relatif sudah ada beberapa statement dari negara-negara barat yang mengatakan tidak mau terlibat dan negara tetangga di sekitar Israel baik Jordania, Mesir, Arab Saudi menekankan untuk deeskalasi,” terangnya.

Himbauan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) juga senada, meminta semua pihak untuk menahan diri.

Hal ini dianggap penting untuk menambah dampak negatif terhadap perekonomian global.

“Ini hindari eskalasi dan juga potensi-potensi disrupsi yang kita lihat tentu terkait logistik supply chain dan kepentingan di Selat Hormuz yang kita tahu itu penting untuk jalur minyak,” terang Airlangga.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kim Jong Un Tiba-tiba Serukan Siap Perang, Ada Apa?


(mij/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *