Jakarta, CNBC Indonesia РAnak usaha PT Pertamina (Persero), Pelita Air berhasil mencatat rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on time performance hingga 95% selama arus balik Lebaran 2024.

Hal ini menunjukkan kinerja Pelita Air yang mengutamakan operational and service excellence di tengah kondisi peak season.

Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Yogandari memerinci Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai layanan medium (medium service airline), mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time performance (OTP) sebesar 95% selama periode peak season arus balik Lebaran 2024.

“Pelita Air senantiasa berupaya menjaga kelancaran operasional dan layanan penerbangan pada masa angkutan Lebaran 2024, khususnya pada periode arus balik ini, melalui koordinasi yang intensif dengan para mitra dan pemangku kepentingan industri penerbangan lainnya, khususnya pengelola layanan kebandarudaraan,” terang Agdya dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (19/4/2024).

Selain itu, lanjut Agdya, untuk menjaga kelancaran layanan penerbangan, khususnya mengenai penanganan bagasi di bandara, Pelita Air berkoordinasi secara intensif dengan pengelola bandara agar tidak terjadi penumpukan antrean pengambilan bagasi pada masa puncak arus balik ini.

Diketahui pada periode arus balik Lebaran 13-18 April 2024, Pelita Air melayani 43.614 penumpang atau naik 4 kali lipat dari periode arus balik Lebaran tahun lalu. Adapun total penumpang yang dilayani sejak awal periode angkutan Lebaran 2024, yaitu 3 April hingga 18 April sebanyak 105.022 penumpang atau naik 3 kali lipat dari periode Lebaran tahun lalu.

Sementara itu, puncak arus balik Lebaran 2024 Pelita Air terjadi pada 15 April 2024 (H+5 Lebaran) dengan jumlah 8.203 penumpang atau meningkat 168% dari puncak arus balik Lebaran tahun lalu. Adapun rute atau destinasi dengan trafik penumpang tertinggi pada periode arus mudik atau arus balik Lebaran 2024, yaitu rute Jakarta- Surabaya-Jakarta, rute Jakarta-Padang-Jakarta, dan rute Jakarta-Pekanbaru-Jakarta.

Sedangkan tingkat keterisian kursi penumpang (seat load factor/ SLF) pada masa angkutan Lebaran 2024 mencapai 76,70% atau meningkat 5,6 poin dibanding SLF pada periode angkutan Lebaran 2023.

“Secara umum, operasional dan layanan penerbangan Pelita Air selama periode angkutan Lebaran 2024 berjalan lancar dan tidak ada kendala di lapangan. Kami terus memantau dan mengevaluasi dengan intensif layanan penerbangan periode angkutan Lebaran yang akan berakhir kemarin 18 April 2024 dan setelahnya, di mana diprediksi arus balik masih akan berlangsung hingga Minggu 21 April mendatang. Kami juga berterima kasih kepada seluruh mitra dan pemangku kepentingan industri penerbangan atas koordinasi yang baik sehingga dapat mewujudkan kelancaran dan kenyamanan layanan penerbangan pada masa libur Lebaran ini,” ujar Agdya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video; Pertamina Gelar Sekolah Energi Berdikari di Bali


(dpu/dpu)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *