Jakarta, CNBC Indonesia – Tidak bisa disangkal, produksi bahan bakar minyak (BBM) Indonesia masih defisit dan tidak bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sehingga harus impor. Ternyata Indonesia mengimpor BBM dari Singapura dan Malaysia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengatakan Singapura, Malaysia, dan India merupakan negara mayoritas asal BBM impor Indonesia.

“Kita juga impor BBM dari tiga negara seperti Singapura, Malaysia, dan India. Ini kan harus diantisipasi sumber-sumber supply kilangnya yang ada di Kilang Singapura, Malaysia dan Kilang India. Kalau dulu kan Rusia di banned tetap aja mengambil. Jadi ini memang geopolitik ini serius,” kata Arifin di Kantor Ditjen Migas, Jumat (19/4/2024).

Tak hanya BBM, Indonesia juga mengimpor minyak mentah dari berbagai negara. Mayoritas impor minyak mentah Indonesia adalah dari Arab Saudi dan juga Nigeria.

Saat ini produksi minyak nasional rata-rata hanya berkisar di level 600 ribu barel per hari (bph). Untuk memenuhi kekurangan tersebut, Indonesia selama ini mengimpor minyak dari berbagai negara dengan total 840 ribu barel per hari. Terdiri dari minyak mentah sebesar 240 ribu bph dan BBM sebesar 600 ribu bph.

Arifin berharap konflik di Timur Tengah antara Iran dan Israel dapat segera mereda. Pasalnya, konflik yang berkepanjangan akan berdampak pada penyediaan pasokan minyak mentah dan BBM di dalam negeri.

Sebagaimana diketahui, harga minyak mentah dunia melejit pada perdagangan hari ini setelah Israel dilaporkan menyerang Iran.

Mengutip Refinitiv pada Jumat (19/4/2024) pukul 09.23 WIB harga minyak mentah acuan Brent melejit 3,5% ke US$90,14 per barel. Sementara mintak West Texas Intermediate (WTI) naik 3,61% ke US$85,80 per barel.

Dilansir ABC News, Jumat (19/4/2024), misil Israel telah menghajar satu lokasi di Iran. “Ada beberapa laporan yang belum dikonfirmasi mengenai ledakan di Timur Tengah,” kata kepala penelitian komoditas ING, Warren Patterson.

Laporan-laporan tersebut telah memicu kekhawatiran bahwa Israel telah menanggapi serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran pada akhir pekan lalu, kata Patterson.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Jurus Pertamina Kurangi Ketergantungan Impor BBM


(wed/wed)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *